Manfaat Jamu Temulawak untuk menambah nafsu makan

ingin-gemuk

Manfaat jamu temulawak yang paling dikenal oleh masyarakat Indonesia adalah sebagai penambah nafsu makan. Bagi yang belum mencoba mungkin masih meragukan akan kebenarannya. Nah kali ini saya akan menulis pengalaman saya sendiri. Sebelumnya, mari kita kenali terlebih dahulu temulawak tersebut.

Mengenal Temulawak
Temu lawak dalam bahasa latin disebut Curcuma Xanthorrhiza. Temulawak merupakan tanaman obat yang biasa dijadikan sebagai bahan untuk membuat jamu. Temulawak memiliki bentuk dan warna yang mirip dengan kunyit/kunir. Tanaman berkhasiat obat ini seringkali ditanam dipekarangan rumah, dengan demikian seeseorang yang menanam temulawak dipekarangan dekat rumah akan cepat mendapatkannya ketika ingin membuat jamu temulawak. Baik, sekarang silahkan simak pengalaman saya yang penasaran akan manfaat jamu temulawak untuk menambah nafsu makan dibawah ini!

Saya seorang ayah yang baru memiliki 2 orang anak perempuan semua. Kali ini pengalaman untuk anak saya yang kecil yaitu usia 1 tahun lebih satu bulan (13 bulan). Sudah 4 harian ini makannya sangat susah paling cuma 1 – 5 suapan saja, selebihnya minum ASI. Kata orang-orang tua disini suruh dibawa ke tukang pijat bayi. Selang beberapa hari dibawa ke tukang pijat bayi, tapi tetap saja tidak mau makan kecuali 1-5 suapan saja. Disarankan juga disuruh kasih minum cekokan (cekokan adalah istilah jawa yang bisa diartikan jamu/ramuan khusus bayi untuk mengobati penyakit tertentu termasuk kurang nafsu makan).

Ada beberapa saran cekokan salah satu diantaranya menggunakan jamu temulawak. Karena salah satu manfaat jamu temulawak adalah untuk menambah nafsu makan. Karena saya pernah baca buku tentang khasiat tanaman obat dan didalamnya juga tertulis manfaat temulawak bisa untuk penambah nafsu makan, maka tidak selang lama membeli temulawak dipasar. Seperti apa saya buat jamu temulawak untuk anak kecil saya?

Manfaat jamu temulawak & Ramuannya

Sebelumnya saya coba cicipin rasa temulawak seperti apa, ternyata pahit sekali. Nah karena sangat pahit dan saya tidak tega jika harus diminumkan ke anak saya, maka ramuan saya kasih madu, berikut cara membuat jamu temulawak untuk anak saya.

[wp-stealth-ads rows="2"]
  1. Ambil rimpang temulawak sebesar ujung jari
  2. Kupas kulitnya hingga bersih
  3. Cuci temulawak yang sudah dikupas tadi hingga bersih
  4. Parut temulawak yang sudah dicuci tadi
  5. Peras dan saring temulawak yang sudah diparut tadi
  6. Dari rimpang temulawak sebesar ujung jari akan menghasilkan kurang lebih 3/4 sendok teh, kemudian campur dengan madu murni 3 tetes
  7. Masukkan ke mulut anak anda
  8. Segera kasih minum air putih agar rasa pahit segera hilang

Cara ini bisa dilakukan 2 kali sehari pagi dan sore. Dan setelah melakukan cara diatas, alhamdulillah anak kecil saya sudah mau makan. Ternyata memang benar bahwa manfaat jamu temulawak dapat menambah nafsu makan.

Untuk menambah keyakinan anda, silahkan praktekkan sendiri dirumah anda. Jika nafsu makan anak bertambah, otomatis kita sebagai orang tua akan lebih tenang dan bahagia. demikian artikel singkat tentang manfaat jamu temulawak untuk menambah nafsu makan, semoga bermanfaat.


Anda Serius Ingin Menambah Berat Badan?, Ingin Menggemukan badan? Ingin tampil lebih percaya diri karena tidak kurus lagi.?
Silahkan Klik
Disini