Tips Bagi Ibu, Agar Bayi Cepat Gemuk

ingin-gemuk

Cara agar bayi cepat gemuk agak sedikit berbeda jika dibandingkan dengan cara menggemukkan badan anak. Karena agar bayi cepat gemuk, yang paling utama adalah dengan memperhatikan asupan nutrisi bagi bayi sejak usia dini. Hal ini dilakukan untuk mendukung tumbuh kembang buah hati. Biasanya berat tubuh bayi dapat mengalami penurunan dikarenakan proses adaptasi dengan lingkungan yang baru. Namun tumbuh kembang bayi yang sehat ditandai dengan bertambahnya berat badan bayi. Oleh karena itu orang tua harus memberikan perhatian yang intensif terhadap hal ini jika anak bayinya pengen gemuk sehat. Berat badan bayi harus diusahakan agar selalu naik tiap bulannya. Apabila terjadi penurunan berat badan, tentu hal ini tidak dikehendaki oleh para orang tua.

cara agar bayi cepat gemuk

ASI, Nutrisi Tepat Agar Bayi Cepat Gemuk Di Usia Dini

Nutrisi yang tepat bagi bayi adalah Air Susu Ibu (ASI). Pemberian Air Susu Ibu (ASI) sangat tepat karena kandungan nutrisi dalam ASI lengkap seperti mineral, vitamin, protein dan zat gizi lain yang dibutuhkan oleh bayi. Kualitas kandungan ASI juga dipengaruhi oleh bahan makanan yang dikonsumsi oleh ibu. Hal ini otomatis terjadi karena nutrisi yang dikonsumsi bayi berasal dari makanan yang sebelumnya dikonsumsi sang ibu. Oleh karena itu penting bagi ibu untuk selalu memperhatikan makanan yang ia konsumsi. Usahakan ibu mengkonsumsi makanan sehat dan seimbang sehingga kualitas Air Susu Ibu (ASI) dapat senantiasa terjaga. Dengan demikian, tumbuh kembang bayi akan baik.

Jika bayi masih dibawah satu tahun, hendaknya tidak sembarangan memberikan suplemen/jamu untuk menambah nafsu makan sembarangan. Seperti misalnya jamu temulawak yang bermanfaat menambah nafsu makan atau madu suplemen makan. Selalu konsultasikan terlebih dahulu dengan ahlinya (Dokter, bidan, ahli gizi dan orang yang berkompeten lainnya).

Selain kandungan makanan ibu yang dapat berpengaruh terhadap kualitas ASI, frekuensi pemberian ASI juga harus selalu diperhatikan. Pada bayi yang masih berusia di bawah 6 bulan, asupan nutrisi yang ia dapatkan hanya bersumber dari ASI. Pada masa-masa itu, bayi akan cenderung mudah lapar dan menangis. Oleh karena itu, harus selalu diperhatikan frekuensi pemberian ASI agar bayi tidak terlalu lapar. Frekuensi ideal pemberian ASI bagi bayi adalah setiap 2 jam sekali.

cara menggemukkan bayiKemudian, untuk menjaga kualitas ASI, ibu sebaiknya menggunakan peralatan bayi yang higienis. Terutama yang berhubungan langsung dengan bayi, seperti penggunaan botol susu, penggunaan pompa ASI, dan alat yang digunakan untuk menyimpan hasil pompa ASI. ASI yang berkualitas akan mendukung tumbuh kembang bayi agar bayi cepat gemuk. Setelah menginjak masa 6 bulan, ibu juga harus memperhatikan asupan nutrisi tambahan bagi bayi.

[wp-stealth-ads rows="2"]

Pada saat bayi berusia 6 bulan kebutuhan nutrisi tubuhnya tidak hanya cukup dengan pemberian ASI saja namun juga diperlukan asupan nutrisi tambahan. Asupan nutrisi tambahan dapat diperoleh dengan memberikan makanan tambahan bagi bayi. Pada usia tersebut, bayi belum memiliki gigi sehingga makan yang diberikan harus memiliki tekstur yang lembut seperti bubur. Untuk memenuhi kebutuhan gizi bayi, dapat diberikan bubur yang sebelumnya telah disaring. Kemudian dapat dikombinasikan dengan penambahan bahan-bahan tertentu seperti daging, sayur mayor yang dilumatkan, susu, dan lain sebagainya. Makanan ini berfungsi sebagai makanan tambahan selain ASI.

Kemudian pada saat usia bayi menginjak 8 sampai 9 bulan dapat diberikan makanan pendamping ASI berupa makanan lunak yang mudah dimakan. Makanan tersebut juga harus lebih diperhatikan keseimbangan kandungan gizi di dalamnya. Seperti karbohidrat, vitamin, mineral, protein dan lemak. Ibu dapat memberikan makanan pendamping ASI berupa sayuran yang direbus lunak, ataupun biskuit khusus bayi. Pemberian makanan yang bersifat lunak ini juga dapat membantu memicu tumbuhnya gigi. Meskipun makanan tambahan telah diberikan, pemberian ASI harus tetap dilakukan hingga bayi berusia 2 tahun. Demikianlah cara agar bayi cepat gemuk.


Anda Serius Ingin Menambah Berat Badan?, Ingin Menggemukan badan? Ingin tampil lebih percaya diri karena tidak kurus lagi.?
Silahkan Klik
Disini